Surat Untuk Ruth by Bernard Batubara

Gambar

 

Surat untuk Ruth by Bernard Batubara

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tebal: 168 halaman; 20 cm

Tahun terbit: April 2014

***

Novel keempat dari Bernard Batubara yang sudah saya baca setelah CINTA.(baca cinta dengan titik), Kata Hati, dan Milana. Novel yang mengambil cerita tentang cinta dan kehilangan yang dialami oleh banyak orang. Pertemuan Areno dan Milana yang selalu diiringi senja membuat saya suka. Disini banyak momen senja dan hujan yang menurut saya itu ciri khas Bernard Batubara. Karena Bernard Batubara juga saya menyukai hujan dan senja.

Pada awal cerita bisa dibilang cukup membosankan. Karakter Ruth yang kurang mengena diawalnya membuat saya agak enggan meneruskan membaca. Juga tema cerita yang mainstream terkesan biasa saja. Tapi dengan gaya penulisan khas Benz berhasil mengubah pikiran saya. Rangkaian kata-katanya, penggunaan kalimat dalam mendeskripsikan sesuatu membuat saya terkesima. Maksud saya, tulisan itu indah sekali. Dengan menggunakan latar tempat yang nyata membuat pembaca dapat memasuki cerita lebih dalam lagi dan merasakan suasana yang dialami kedua tokoh.

Saya menyukai tokoh Ruth yang mempunyai sisi misterius dibalik kecantikannya. Cara dia berbicara, lukisan yang dibuatnya, sifatnya tidak hanya membuat Areno penasaran tetapi juga pembaca. Bahkan setelah saya selesai membaca, saya masih penasaran dengan Ruth :). Areno dengan keromantisannya yang sederhana membuat saya suka. Ternyata hal sederhana bisa berarti spesial untuk orang lain. Konsep memoar dan daftar yang ditulis Areno bisa dipraktikan ketika kita kehilangan seseorang.

Kesimpulannya: Novel ini berhasil membuat saya seakan merasakan kehilangan itu sendiri. Disaat Are merasa bahagia ketika ia mengetahui perasaan Ruthefia, dan sedih ketika harus kehilangan.. Saya tidak bisa membayangkan jika menjadi Are.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s